Categories
September 2021

27 Sept – 1 Okt 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2021

Alhamdulillah, Senin lalu 6 santri Surau kelas 11 yang terpilih secara sistem, telah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK 2021). Asesmen ini dilaksanakan di MA Sirojul Athfal, Cinagara – Kabupaten Bogor.

Mulai tahun ini ANBK diadakan sebagai pengganti Ujian Nasional yang dilaksanakan oleh siswa kelas 11 dengan tujuan sebagai penilaian terhadap sekolah untuk memajukan mutu pendidikan. Selama 2 hari mereka mengikuti asesmen literasi dan numerasi, survei karakter dan lingkungan belajar. Sukses ya teman-teman!

Mulai Dari Marketing Hingga Keuangan

Teman-teman kelas 10 pekan ini belajar ilmu Basic Marketing  sebagai pembekalan untuk menyiapkan rencana bisnis Surau Business Camp (SBC) #1 mulai 4 Oktober. Dilanjutkan juga dengan belajar mencatat Keuangan di aplikasi Buku Kas, bersama kak Ahmad (S1). Kami memang sudah mulai membiasakan teman-teman S1 untuk terlibat mengajar adik kelasnya sesuai dengan keterampilan yang mereka kuasai.

Sepertinya mereka sudah tidak sabar untuk segera bisa berjualan, karena selama sepekan banyak sekali kue-kue tester yang mereka siapkan. Beruntungnya para fasilitator dapat jatah tester gratis dan berlimpah. Semoga masih ada jatah diskonan di pekan SBC… 🙂

Nobar Film G30S/PKI

Sebagai bagian dari pendidikan sejarah bangsa, momentum 30 September kali ini kami gunakan untuk nonton bareng film G30S/PKI agar teman-teman tahu tentang sejarah ini. Berhubung film cukup panjang, mereka baru menuntaskannya dalam 3 hari setiap selesai pembelajaran. 

Penelitian Dan Penulisan Sejarah

Sementara, di hari lain teman-teman IPS kelas 10 bersama Kak Tiara belajar tentang penelitian dan penulisan sejarah dan mereka di tugaskan untuk menuliskan satu sejarah yang ingin diteliti datanya untuk selanjutnya ditulis ke dalam mind mapping. 

Kenapa Mind Map? karena ia adalah salah satu tool utama pembelajaran di Surau yang harus terbiasa digunakan oleh semua teman-teman.

Collaborative Learning

Sudah pertemuan yang ke 3, Kak Faqih (S1) menjadi mentor kelas Video Editing untuk teman-teman S2. Kelas ini diadakan khusus untuk membantu teman-teman yang project individualnya berhubungan dengan video.

Selain diajarkan keterampilan video editing, kelas ini juga diharapkan melatih kreativitas temen-teman dalam membuat animasi video untuk project mereka masing-masing. Ngga sabar ingin nonton hasil video-video mereka nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× How can I help you?