Categories
Januari 2022 Weekly Report

03 – 07 Jan 2022

Activitas Awal Semester 2 dan 4 di tahun 2022

Libur telah usai, saatnya memulai hari baru di semester baru. Agenda hari pertama di semester genap ini adalah Islamic learning, Student meeting, Membuat resolusi 2022, dan Tahsin/tahfizh. Student meeting adalah  pemaparan dan diskusi agenda yang akan dilaksanakan santri selama semester 2 dan 4. Meski menuai banyak pertanyaan dan usulan dari santri, namun hari ini berjalanan dengan sangat lancar, Alhamdulillah.

Selain student meeting, agenda lainnya adalah Islamic learning mengenai pasar dan adab jual beli dalam islam. Tak hanya itu, aktrivitas awal semester kali ini adalah membuat resolusi 2022. Mengawali agenda dengan ice breaking seru, dilanjutkan membuat perencanaan resolusi tahun baru.

Agenda terakhir dihari itu adalah Tahsin atau tahfizh. Alhamdulillah al quran menjadi penutup agenda hari ini, semoga mendatangkan keberkahan bagi para santri surau.

Tamu Surau : Pelatihan Jurnalistik

Hari kedua dan ketiga di pekan ini, para santri memulai hari dengan doa pagi dan al matsurat seperti biasanya. Dilanjutkan aktivitas baru bagi santri hari ini adalah mempelajari tengan jurnalistik Bersama Ustadz Syaiful Fallah, beliau adalah salah satu Wartawan Senior di suaraislam.id. Para santri diajarkan untuk memahami esensi dari dakwah melalui media, salah satunya dengan menulis. Hari ini, santri diajarkan untuk menuliskan berita sesuai ketentuan 5W + 1H.

Dari hasil latihan menulis hari sebelumnya, para santri yang menghasilkan tulisan menarik dan sesuai kaidah, akan dimasukkan kedalam media suaraislam.id

Para santri yang tulisannya akan dimasukkan ke dalam media tersebut adalah Ahmad Tsaqif (Qiqi), Fatih Alarik (Fatih), Haidar M T (Haidar), Faalihah, Pandu Rahmadi (Pandu). Barakallahu fiikum. Kegiatan diskusi jelajah pasar persiapan hari esok menjadi penutup agenda hari ini.

Salah satu tulisan yang sudah di muat :

https://suaraislam.id/surau-islamic-homeschooling-gelar-pelatihan-jurnalistik/

Project Activity : Jelah Pasar

Aktivitas hari ini adalah jelajah pasar. Apa itu jelajah pasar? Je;ajah pasar yakni salah satu aktivitas ABLE (Activity based Learning) yang mengharuskan para santri untuk observasi dan membandingkan antar satu pasar dengan pasar lain, yang nantinya diharapkan muncul Analisa masalah dan solusi masalah yang ditemukan oleh para santri. Untuk pelaksanaanya pun para santri Angkatan satu dan dua dibagi menjadi enam kelompok. Atau setara dengan lima sampai enam orang perkelompok. Pasar yang dikunjungi adalah Pasar Bogor, Pasar Gunung Batu, dan Pasar Bersih Sentul.

Pasar yang dikunjungi  memanglah punya karakteristik yang sangat berbeda, dengan demikian, pandangan dan pengalaman para santri terhadap pasar menjadi beragam. Semoga aktivitas ini menjadi pengalaman berharga dan mampu membuka pikiran serta pandangan para santri. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

Klik kontak kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× How can I help you?